Selasa, 30 Juni 2009

Lembaga Dakwah Kampus di universitas lain bisa dijadikan teladan.....


FSMI Walisongo siap ikuti jejak UKKI Unnes

Pada tahun 2005 sampai 2007 kemarin, UKKI Unnes telah dipilih sebagai koordinator Forum Silaturrohim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) Pusat Komunikasi Daerah (PUSKOMDA) Semarang, dan pada tahun 2008 ini UKKI Unnes kembali terpilih menjadi koordinator FSLDK PUSKOMDA Semarang sebagaimana yang telah diputuskan dalam Musyawarah Daerah (Musda) pada 2 desember 2007 kemarin yang diadakan di kampus Polines Tembalang. Semoga Allah memberikan kekuatan pada UKKI Unnes untuk dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

FSLDK PUSKOMDA Semarang ini membawahi kurang lebih 41 Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yang tersebar di seluruh Semarang Raya yang meliputi daerah Semarang, Salatiga, Kendal, Jepara, dan Kudus.

Visi dari FSLDK PUSKOMDA Semarang yaitu “Menjadi sarana komunikasi dan koordinasi LDK Se-Semarang dengan berusaha menumbuhkan serta mengembangkan LDK-LDK yang ada di Kampus, sehingga tercipta LDK yang kokoh, tangguh, dan profesional dalam merencanakan, mengelola, dan memecahkan semua permasalahan da’wah baik ditingkatan kampus ataupun daerah”. Sedangkan misinya yaitu “Membangun silaturrahim antar LDK, sebagai pusat informasi tentang alternatif permasalahan LDK khususnya dan masyarakat pada umumnya, sebagai sarana dalam usaha pendampingan dan pembinaan LDK, mengupayakan adanya Islamisasi terhadap berbagai aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh civitas akademika dan masyarakat umum, serta sebagai sarana peningkatan profesionalisme dalam pengelolaan LDK.”

Lembaga yang diketuai oleh Harjoko (Kimia ’04 Unnes) ini mempunyai 3 bidang yaitu PPLDK (Pembinaan dan Pengembangan LDK), Isu Nasional (Isunas), dan Jaringan Muslimah (Jarmus). Ketiga bidang ini mempunyai tugas masing-masing. PPLDK menjadi pusat data dan analisa perkembangan LDK, membangun silaturrahim antar LDK, menjadi sarana pendamping dan pembinaan LDK, serta menjadi sarana koordinasi pembangunan dan penataan da’wah LDK di Semarang Raya. Untuk bidang Isunas bertugas menjadi sarana menyuarakan sikap terhadap berbagai isu keislaman yang berkembang baik ditingkat daerah, nasional maupun internasional serta menjadi sarana dan penataan gerak da’wah dalam menyikapi isu keislaman yang berkembang. Sedangkan Jarmus bertugas Menjadi sarana silaturohim & informasi antar kader da’wah muslimah diseluruh Universitas dan Sekolah Tinggi di Semarang raya dlm penataan da’wah dikalangan muslimah serta menjadi sarana untuk menyuarakan sikap terhadap berbagai isu kemuslimahan baik nasional maupun internasional.

Agenda utama dan pertama dari FSLDK PUSKOMDA adalah pendampingan LDK. Setiap LDK mempunyai hak untuk di dampingi oleh PUSKOMDA yang telah diamanahkan di wilayahnya, sehingga LDK yang didampingi dapat lebih baik, meningkat kualitasnya, dan semakin banyak kuantitasnya.

FSLDK PUSKOMDA Semarang telah melaksanakan Rapat Kerja (Raker) pengurus Puskomda pada hari Sabtu tanggal 9 Februari 2008 dan bertempat di gedung PKMU Unnes. Dari rapat tesebut telah dihasilkan beberapa program kerja dari masing bidang dan semoga eksistensi FSLDK PUSKOMDA Semarang akan lebih terasa bagi seluruh elemen LDK yang berada di Semarang Raya. Bagi teman-teman LDK yang ingin berkunjung ke PUSKOMDA Semarang Raya, silakan datang ke sekretariat UKKI Unnes di Masjid Ulul Albab Unnes lantai I.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar